Minggu, 12 Oktober 2014

TEORI ORGANISASI UMUM 1 #

CIRI-CIRI, UNSUR, DAN TEORI ORGANISASI

Ciri-Ciri Organisasi
  • Terdiri dari beberapa unsur Organisasi.
  • Memiliki pola tertentu dalam berkomunikasi dan bekerja sama.
  • Memiliki aturan tertentu.
  • memiliki prinsip dan azas organisasi.
  • Terkoordinasi dengn baik.
Unsur Organisasi
  • Manusia.
  • Kerjasama.
  • Tujuan bersama.
  • Peralatan.
  • Lingkungan.
  • Kekayaan alam.
  • Kerangka atau Konstruksi Mental organisasi.
Teori Organisasi
A. Teori Organisasi Klasik
Teori klasik / teori tradisional, berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai abad 19.
Teori klasik mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaan, hubungan, tujuan, peranan, kegiatan komunikasi dan faktor lain yang terjadi bila orang-orang bekerja sama.
Terdapat 3 aliran Teori Organisasi Klasik, yaitu :
1. Teori Birokrasi
2. Teori Administrasi
3. Manajemen Ilmiah

B. Teori Organisasi Neoklasik
Dikenal sebagai hubungan manusiawi. Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Dasar teori ini adalah menekan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelopok kerjanya. Maka teori neoklasik mendefinisikan suatu organisasi sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
Dalam pembagian kerja, teori neoklasik telah mengemukakan perlunya hal-hal sebagai berikut :
– Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
– Perluasan kerja sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
– Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada junior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.

C. Teori Organisasi Modern
Disebut juga sebagai analisa sistem pada organisasi. Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan sistem yang terbuka.
Teori modern menunjukkan tiga kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada sistem manusia dalam perilakunya berorganisasi, yaitu :
– Komunikasi
– Konsep keseimbangan
– Proses pengambilan keputusan
Perbedaan antara teori modern dengan teori klasik :
– Teori klasik memusatkan pandangannya pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan teori modern dengan
tekanan pada perpaduan dan perancangan menjadikan pemenuhan suatu kebutuhan yang menyeluruh.
– Teori klasik membicarakan konsep koordinasi, skalar, dan vertikal sedangkan teori modern lebih dinamis daripada
teori lainnya dan meliputi banyak variabel yang dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar